Saturday, September 8, 2012

#flashback: LDK (part 1)

Haiiii, kalian udah tau kan kenapa aku baru bisa posting sekarang? Tiga hari lalu aku ada kegiatan, nginep di luar rumah. Di alam liar. Yaa, jadi di sana emang harus bener-bener persiapan kalo gamau mati [mungkin bahasanya terlalu kejam?]. Nama kegiatannya: LDK; Latihan Dasar Kepemimpinan.

Jadi aku sama temen-temen aku nginep di sana selama tiga hari dua malem. Kita berangkat hari Rabu, jam 1 siang dan pulang hari Jumat, jam 4 sore. Sebenernya kalo diitung-itung, kita ada di sana dua hari full, ya.


Hari pertama, kita kumpul di sekolah jam 10 pagi. Oya, for your information, LDK ini kegiatan wajib sekolah yang harus diikuti sebagai syarat utama masuk OSIS. Di sekolahku, nama OSIS-nya bukan OSIS. Aku samarkan sebagai "ace" aja karena tidak ada penyebutan merk asli di sini. Oya, syarat utamanya sebenernya bukan ikut LDK, tapi lulus LDK. Kalo ikut tapi ga lulus, buat apa? Kaya yg useless gitu, ya, ikut LDK juga.


Jadi hari pertama. Kita berangkat jam 1 siang. Sebelumnya, kita makan siang, shalat, dan cek perlengkapannya. Oya, jam 10 itu, galak mode: on. Tas kemping ditendang buat mastiin kalo tasnya udah kuat. Dan alhamdulillah, waktu tas aku ditendang, telur yang aku bawa aku simpen di tas pinggang. Thanks to Allah, it was safe...


Jam 1 siang kita berangkat. Naik angkot. Tapi pertamanya, kita jalan dulu sampai ke tempat angkot itu. Terus kita bagi" gitu. Angkot pertama buat barang, yang kedua buat cowo, yang ketiga buat cewe plus cowo yang ga kebagian tempat duduk di angkot kedua.


Di angkot udah yang bahagia aja. Kenapa coba? Soalnya di angkot itu ga ada kaka kelas. Aduh, bebas banget mau bercanda-bercanda kaya gimana juga. Bebas mau ngakak kaya gimana juga. Pokoknya di angkot ada yang bilang gini:



"Kan kalo ada yang bilang 'siswa!', jawabnya 'siap ace!'. Kalo 'dimana kekuatanmu?!' jawabnya 'ace 2012!'. Kalo ditanya 'dimana musuhmu?!' jawabnya 'maraneh!' sambil ngeliatin ke kaka-kaka."

Aduh, itu udah paling ngakak aja yang ada. Dan sebenernya itu cuma bercanda. Gila aja kali kalo beneran kita teriak kaya gitu. Yang ada di gaplokin satu-satu sama kaka kelas. Ga lulus LDK semua. Huah. =_='


Oke, waktu udah nyampe di lapangan gitu, semua turunin barang masing" terus baris. Terus kita absen gitu. Sebutin nama lengkap, NIS (Nomor Induk Siswa), sama nama sekolah 3 kali. Berhubung aku ga nyebut merk di sini, kita sebut aja nama sekolah aku "lace". Oke?


Pas giliran ketua kelompok aku (oh, kebetulan aku kelompok satu jadi pertama), dia salah berkali-kali karena sebelumnya juga belum dicontohin yang semestinya gimana. Pas giliran aku, sih, sekali sebut juga beres. Jadi aku nyebutnya gini (semua disamarkan, termasuk NIS):



"Mina Aoshima! 123450080! Lace, Lace, Lace!"

Dan aku sukses ketika pertama kali nyebut. Waktu nyebut gitu, posisi tubuh harus sikap sempurna terus ngomongnya juga harus tegas. Capek. Gatau kenapa, aku ngerasa capek aja. Tapi mending galaknya. Ga seberapa kalo dibandingin sama di sekolah lain.
Selesai semuanya diabsen, kaka kelas ada yang nanya: "Masih mau disini?!" Nah. Aku sempet bingung juga waktu mau jawab. Soalnya kalo jawab ngga, nanti bisi ditanya: "Niat ikut LDK, ngga?!" Itu kan malah tambah bingung. Tapi kalo jawab masih, ntar dikiranya masih mau berdiri di lapangan itu. Aduh. Akhirnya aku ngikutin temen-temen aja jawab masih. Dan tau ga, apa kata kaka kelasnya?



"Yaudah, kalian di sini aja terus. Ayo, kaka-kaka. Kita naik."

Jleb. Bener, kan...


Tapi kaka kelas di sekolahku ga gitu, kok. Mereka justru berunding terus bilang: "Oke, kelompok satu mulai jalan. Ikuti kakak ini."


Akhirnya kita mulai jalan. Huft. Jalannya jauh juga, ya. Aku sampai berkali-kali minta berhenti. Aku ga biasa jalan jauh (apalagi sambil bawa tas kemping segede gaban #gagitu ) dan mendaki. Jadi aja aku berhenti mulu. Aku sampai minta oksigen 4 kali, saking lemesnya. Aku jadi gaenak gitu lah sama kelompok aku. Habis aku jadi kaya beban. Dikit-dikit minta berhenti. Jadi aja menghambat perjalanan, kan? Aku harap, sih, mereka ga marah sama aku. Oya, asal tau aja, supaya aku balik lagi jadi kuat, aku butuh istirahat. Cukup duduk, tapi harus lama. Baru aku bisa recover.


Nyampe di tempat kemping, kita istirahat bentar habis itu diriin tenda. Asli, itu udah tenda paling jelek yang pernah didiriin. Berdirinya gabisa stabil. Jadi tendanya ga kuat. Gimana, ya, bahasanya? Jadi melengkung gitu kainnya. Mana pintu satunya gabisa ditutup. Ehm. Itu udah paling susah. Pas malem aja ditutupin pake ember sama tas kemping. Yah, yang penting bisa ditutup, sih.


Habis itu, kita wudhu terus shalat ashar karena emang udah sore. Terus dikasih waktu makan dan mandi. Aku pikir, berhubung baru nyampe dan waktu juga ga banyak, aku gamau mandi. Jadi aku cuma bersih-bersih aja. Cuci muka, gosok gigi, dan lainnya. Habis itu aku masak. Berhubung kelompok aku ga bawa panci buat masaknya gitu, akhirnya kelompok aku dipinjemin alat sama kelompok lain. Dan alhamdulillah-nya, ada. Aku udah bersyukur banget. Jadi kita bisa makan semua, kan?


Selesai masak, kita shalat maghrib, habis itu makan. Jadi semua hasil masakan dibagi dua; buat cowo dan cewe. Jatah cewe lebih sedikit karena jumlah kita ga sebanyak cowo. Terus, makannya harus habis banget. Gaboleh ada yang tersisa baik itu cuma sebutir nasi. Kita harus buru-buru makannya juga. Itu sih, harus banyak-banyak bersabar. Mana kaka-kaka kelasnya juga mukanya tampang perang semua. [Ihihi, maaf, kak, kalo ada yang baca ini ._.v]


Nah, malemnya setelah shalat isya, kita hafalan surah-surah pendek di Al-Qur'an gitu. Habis itu, kita ada materi tentang nasionalisme, yang nyampein materinya guru sejarah. Jadi tentang rasa cinta kita pada tanah air. Ya, something like that, gitu lah... habis materi, kaka kelas evaluasi tentang kegiatan hari itu. Setelah itu, kita tidur.


Hari kedua, kita dibangunin sebelum subuh. Gatau persisnya jam berapa, soalnya semua jam tangan yang kita bawa disita sebelum pergi dari sekolah. Ga cuma jam tangan. Handphone (ini pasti), dompet dan uangnya, sama makanan yang gaboleh dibawa, itu disita. Aku ga gitu ngerti kenapa, tapi pasti ada alasannya. Mungkin aku bisa tau nanti.


Kita disuruh jalan. Berkelompok, sih... terus kita harus nunggu dulu sebentar, nanti kita jalan sendiri-sendiri. Aku dapet giliran keempat. Nah, taunya kita disuruh duduk dan kita ditanya-tanya. Aku ditanya, "Betah ga di sekolah?" "Kamu sebel sama siapa di angkatan kamu?" dan sebagainya. Terakhirnya, kaka kelas ada yang bilang, "Jangan kasitau obrolan kita ke siapa-siapa." Fine. Aku cuma harus tutup mulut. Ga susah, kok.


Habis itu, aku jalan lagi. Dan di situ, temen-temen aku nunggu. Pada duduk. Aku ikut duduk sambil nunggu temen aku yang satu lagi. Habis itu, kita wudhu, terus nunggu adzan subuh, dan akhirnya kita shalat pas udah adzan. Habis itu ada semacam kultum gitu, lah...


Kita dikasih waktu masak. Dan itu sarapan udah paling enek, lah. Tau ga, kenapa? Makanannya banyak banget aku ga tahan ngabisinnya. Tapi terpaksa. Harus abis. Bismillah... dan untungnya kita semua bisa.


Materi PBB. Ugh. Udahlah itu. Kayanya apa yang kita lakukan ga ada yang bener. Yang kita lakukan disalahin terus. Bikin kaka kelas tersinggung lah, ga nurutin perintah lah, apa lah. Capek intinya dimarahin terus. Bingung banget, aslinya.


Habis itu, kita disuruh bersih-bersih sambil beres-beres tenda. Ya, aku cuma sikat gigi aja karena aku males dan waktunya ga banyak untuk mandi. Habis itu, seinget aku ada materi tentang lingkungan gitu. Yang nyampein materinya guru biologi.


Habis itu, ada games dari kaka kelas. Kita harus merayap di lumpur, habis itu main kaya orang berantai gitu kali, ya? Habis itu kita bikin piramida orang. Cewe sama cewe dan cowo sama cowo. Oya, waktu merayap itu kan masing-masing, game kedua itu per kelompok, game ketiga yang piramida itu, menurut gender. Nah, kata kaka kelas, cewe angkatan kita berhasil buat piramida dalam waktu tercepat dibanding angkatan taun-taun sebelumnya (katanya sih, gitu). Aku lupa, 27 atau 37 detik gitu.


Setelah games beres, kita bersih-bersih badan. Nah, yang paling bete adalah sebelum makan siang dan sesudah makan siang. Aku akan nyeritain dulu yang sebelum makan siang.


Jadi kita disuruh baris. Kaka kelas bilang, "Kalian tau kenapa kalian berdiri di sini? Karena air. Itu, air di kamar mandi, yang kalian buat untuk masak dan segala macem, sekarang jadi keruh. Tuh, liat di tangan kaka itu. Yang merasa bikin airnya jadi keruh, acungkan tangan dan maju ke depan."


Ketua kelompok aku maju ke depan. Duh, itu malu...


"Cuma dia aja? Ga ada yang lain?"


Semua diem.


"Oke, kamu. Gimana ceritanya airnya bisa jadi gini?"


Pokonya, pada akhirnya yang cowo bersih-bersih dan yang cewe masak buat makan siang. Kita semua dalam kondisi tegang soalnya takut kena marah lagi. Kita, sih, berharapnya kita ga melakukan kesalahan lagi.


Nah, cerita sesudah makan siang. Jadi, kita kan udah dalam keadaan bersih. Udah siap buat materi selanjutnya. Udah shalat juga. Taunya apa? Kata kaka kelas, "Pake lagi baju kalian yang tadi kotor karena lumpur." GILA. Gantinya aja susah. Aduh, sumpah itu bete bete bete bete sebete-betenya. Udah pingin teriak gara-gara kesel tapi gabisa. Euh. Udahlah itumah. Pasrah aja. Akhirnya ganti, terus balik lagi buat materi berikutnya.


Ternyata materi survival. Jadi kita diajarin cara hidup di alam liar gitu. Kita harus gimana, bisa makan dan minum apa, dan sebagainya. Ada daun yang kata guru pematerinya bisa ngegantiin air dan rasanya kaya stroberi. Aku nyoba. IH. Aslinya itu enak banget. Aku ketagihan, dong. Pas kaka kelas nawarin, "Ada yang mau lagi?" Aku langsung ambil. Dan aku kepergok sama guru pematerinya. Ditanya, "Mina suka, ya?" Aku cuma nyengir (masih dalam posisi gigit daun) sambil bilang, "Iya, pak. Hehe." Terus kata bapaknya, "Yaudah, nanti kalo ketemu lagi, kita ambil lagi." Dalam hati aku udah yang, HOREEEE!!! =))))


Habis materi itu, kita ganti baju dan siap-siap shalat ashar. Beres shalat, ada dua materi. Satu, materi tentang pertolongan pertama dari tim medis. Dua, materi tentang ace. Tentang lambangnya, dan semuanya. Habis itu, semua kembali galak. Aduh, asa pingin nangis da udah capek banget, sih...


Setelah isya, semua disuruh perform. Tampil. Ya, semua kelompok nyanyi. Terus kaka kelasnya nanya, "Kalian mau jadi paduan suara? Angkatan ini mau jadi paduan suara?" Semua diem. Tapi untungnya, ga dipaksa jawab.


Habis perform, kita disuruh baris dan tutup mata. Terus kita dianter ke suatu tempat. Ada permainan gitu. Nama permainannya "Follow The Leader". Kita harus ngikutin ketua (dalam keadaan mata tertutup) sedangkan banyak kaka-kaka kelas yang mengacaukan pikiran kita dan bikin kita berubah-ubah pikiran. Ketua kelompokku yang asli sakit, jadi gabisa. Akhirnya digantiin. Pas udah beres game-nya dan kita disuruh nunggu, aku nanya ke ketua penggantinya, "Kita sampai ga, sih, di finish?" Terus katanya, "Jadi tadi tali rafianya putus, terus pas liat lagi ternyata di depan ada. Jadi kayanya ngga." Jujur aku kecewa, tapi mau gimana lagi? Udah terlanjur. Selesai itu, kita balik ke tenda dan tidur.


Hari ketiga. Sebelum subuh, kita dibangunin lagi. Kali ini jurit malam. Berempat gitu. Yang kelompok aku sempet nyasar. Malah ke pos 2, pos 3, baru pos 1. Akhirnya ngulang. Capek aslinya, muter-muter ke sana kemari. Capeeeek. -___-


To be continued...

No comments:

Post a Comment

Sumber : http://kolombloggratis.blogspot.com/2011/03/tips-cara-supaya-artikel-blog-tidak.html#ixzz2K7gETjdO