Saturday, October 13, 2012

#flashback: "Big" Family Gathering (part 1)



Foto keluarga besar aku (difoto dari atas) x)

Hei~ hari Minggu lalu, aku ngadain gathering keluarga besar dari buyut aku. Ngerti, ga, maksudnya? Jadi aku, kan, punya nenek dari pihak ibu. Nah, nenek aku pasti punya orang tua, kan? Jadi aku ngadain gathering keluarga besar orang tuanya nenek aku, atau lebih singkatnya, sebut aja buyut aku. Jadi aku gathering keluarga besar buyut; bareng saudara-saudaranya nenek aku, ditambah anak-anaknya saudara nenek aku, dan ditambah anak-anak dari anaknya saudara nenek aku. Bahkan ada juga anak dari anak dari anaknya saudara nenek aku. Jadi saudara nenek aku ada yang udah punya cicit. Kalo nenek aku belum, berhubung aku yang paling tua dibanding sepupu-sepupu aku dari pihak ibu. Dan aku masih sekolah, jadi mustahil kalo sekarang tiba-tiba nenek aku punya cicit.

Jadi ceritanya, keluarga nenek aku yang jadi panitia. Emang kita yang ngasih gagasan acara ini dan emang aku sering liat uwa aku, ayah-ibu aku, sama om-tante aku itu sibuk ngurus segala macem. Ada yang mesen kue, ada yang mesen makan siang, ada yang ngurus karpet, ngurus susunan acara, ngurus pembagian tugas, dan sebagainya. Dan aku sama sepupu-sepupuku, atau anak-anak, diikutsertakan juga. *mendadak merasa keren* *benerin kerah* B)

Aku sama Ara (masih inget, kan?), kita bagian dokumentasi. Kalian harusnya tau dokumentasi itu apa, kan? Bagian foto-foto dan video. Intinya, kita merekam dan memotret kejadian-kejadian di sana supaya terekam di memori dan ga akan berubah sampai nanti besar :') *jadi terharu (?)*

Nah, sedangkan Aina (adik aku) dan Ayis (sepupu aku) jadi bagian penerima tamu--meski akhirnya justru ga kepake karena tiap ada yang dateng pasti disambut generasi kedua (anaknya saudara nenek aku) karena mereka udah saling kenal. Jadi Aina dan Ayis bisa dibilang nganggur. Harusnya mereka yang nyambut tamu dan nyuruh tamu ngisi nama, alamat, dan no. HP mereka di kertas buat di-data supaya ga lost contact. Tapi akhirnya, mereka sama aku dan Ara justru jadi fotografer.

Lalu, ketiga sepupu aku yang masih kecil, Arka, Isma, dan Alfi, harusnya jadi bagian 'yang mengantarkan kue ke tamu'. Tapi gatau karena mereka gamau disuruh atau karena orang tuanya lupa nyuruh atau karena orang tuanya tidak bisa mempercayakan piring kue pada tiga anak kecil, akhirnya mereka justru cuma nganggur. Aku jadi bingung sama pembagian panitia soalnya kok kesannya jadi pabeulit. Jadi gajelas dan gabener gitu. Jadi mesti banyak bersabar. (?)

Akhirnya apa? Kita bertujuh jadi juru foto. Oke, sip. Gapapa, gapapa. *berusaha bersabar dalam hati*

Aku kira keluarga Ayis udah dateng waktu aku sama keluargaku nyampe. Soalnya udah lewat waktu perjanjian. Kan, panitia harus dateng duluan. Pikirin, kalo panitianya telat dateng, tamunya siapa yang ngurus?

Eits, ternyata belum. Keluarga Ara aja belum siap. Uwa aku (yang cowo) masih tidur-tiduran sedangkan uwa aku (yang cewe) lagi belajar sama Arka soalnya besoknya Arka ada ujian. Pas aku sama Aina dateng, kita duduk aja terus ditawarin makanan. Mama sama Papa pergi dulu ke rumah deket situ soalnya mau liat-liat rumah. Rencananya, sih, mau pindah.

Rumah Ara udah berubah drastis. Ngerti, ngga, maksudnya? Jadi yang awalnya kursi dan sofa memenuhi ruang tamu dan ruang keluarga, sekarang diganti karpeeeeeeet semua di situ. Jadi mau guling-gulingan sampe nabrak-nabrak dinding juga ga akan dingin, iyalah, dibalut karpet semua. Kursi dan sofanya semua diungsikan ke garasi yang ga kepake. Mobil-mobilnya di luar. Halamannya tetep gitu, sih. Lantai duanya... tetep gitu. Paling waktu adzan dzuhur, langsung digelar sajadah-sajadah buat yang perempuan shalat.

Ternyata, si Ara juga belum mandi. Arka juga, belum ganti baju. Eh, ga cuma mereka. Uwa-uwa aku juga belum pada siap. Aih, kirain udah pada siap. Aku sama keluarga aku aja udah pake baju sesuai dress code dan udah dandan.

Boong, deh. Aku ga dandan. Adik sama ibu aku juga ngga. Kita gasuka dandan. Titik.

Lanjut. Aku nanya Ayis, udah dimana? Kata dia, dia lagi di jalan mau jemput nenek. Oya, yang bertugas untuk jemput nenek itu keluarganya Ayis soalnya jalur ke rumah uwa akunya searah. Jadi biar sekalian. Lagian, nenek aku ga ada yang nganter kalo kita ga mengutus salah satu keluarga buat ngejemput.

Akhirnya nenek dan keluarga Ayis datang jugaaaa. Om aku langsung ngeluarin tripod terus dipasang di ruang tamu (yang bakal dijadiin studio foto per keluarga). Ara yang dari sebelumnya udah diteriakin sama uwa aku disuruh nyiapin kamera, langsung ngurus SLR-nya sama om aku. Aku tau sebenernya Ara gabisa masang itu kamera di tripod, hohoho. *sok tau mode: on*

Udah, habis itu kita tes dulu kamera sama tripod-nya udah klop belum. Kita foto keluarga dulu, lagian tamu-tamunya belum pada dateng. Jadi nyante. Hohoho.

Pertamanya, sih, yang difoto uwa aku (yang cowo), ibu aku, sama om aku. Mereka anak-anaknya nenek aku, hehe, ngerti, kan, ya? Nah, terus, yang difoto itu... kalo ga salah, keluarganya Ayis. Jadi Ayis, Isma, Alfi, sama om dan tante aku. Difoto aja sama Ara. Nah, habis itu kalo ga salah, foto sekeluarga besar nenek aku. Jadi ada nenek aku, mama, papa, om, tante, uwa (dua-duanya), aku, Aina, Ara, Arka, Ayis, Isma, sama Alfi. 14 orang total. Difoto sama sepupu ibu aku yang kebetulan udah dateng. Oya, yang jadi tamu itu sepupu-sepupu ibu aku, uwa, om, dan tantenya ibu aku, sama anak-anaknya sepupu-sepupu ibu aku. Keluarga besar aku jadi panitia kecuali nenek aku. Nenek aku, mah, tinggal menikmati jalannya pesta. Hahaha.

Oh iya, lanjut. Habis itu, yang difoto semua orang dewasanya, tapi ga sama nenek aku. Jadi ada uwa (dua-duanya), mama, papa, sama om dan tante aku. Habis itu uwa aku dua-duanya foto. Foto berdua aja, serasa pre-wedding. /ngaco /kanudahkawin .-.

Yang lucu itu, kan foto pertamanya beres, terus kata uwa aku yang cowo, "Ayo, sekarang foto berhadapan." Dan seketika itu juga semua langsung pada ketawa :)))

Oh, ada lagi yang bodor. Kan ada yang nyeletuk (sebelum foto berdua-berdua), "Ayo, foto berdua-berdua." Nah, uwa aku dua-duanya udah berdiri, om-tante aku juga udah. Nah, ayah aku tiba-tiba berdiri aja padahal ibu akunya masih duduk. Terus ayah aku nyamperin tante aku sambil bilang, "Ayo, ma."

Ibu aku bingung terus bilang, "Papa mau kemana? Saya masih di sini...?"

Ayah aku langsung nengok lagi dan seketika itu juga semua ketawa. Aku termasuk. Ada-ada aja ayah aku, tuh, sampai salah ngenalin orang segala :)))))

Nah, habis uwa aku dua-duanya foto, giliran ayah sama ibu aku. Habis itu baru om sama tante aku. Aku tuh bingung, ya. Kenapa kalo ayah aku sama uwa aku (cowo) difoto, mukanya lempeng terus. Kalo om aku, nyengir, kok. Bingung aku, tuh. Padahal nyengir aja, sih, apa salahnya? Iya, ga?

to be continued...

No comments:

Post a Comment

Sumber : http://kolombloggratis.blogspot.com/2011/03/tips-cara-supaya-artikel-blog-tidak.html#ixzz2K7gETjdO